Plt Kepala Bapenda Badung, Ni Putu Sukarini, menjelaskan bahwa tujuan dibukanya stand ini adalah untuk mendekatkan pelayanan pajak kepada masyarakat dan memberikan edukasi mengenai pajak daerah. Sebelumnya, sosialisasi mengenai layanan ini telah dilakukan dengan menggandeng aparat desa untuk menyampaikan informasi kepada warga.
Pada hari pertama, sekitar 17 warga memanfaatkan layanan di stand Bapenda, dengan 30 transaksi pembayaran yang dilakukan bekerja sama dengan BPD Bali. Layanan yang paling banyak diminta termasuk mutasi pajak, pembetulan luas dan nama, serta pengurangan pajak untuk rumah tinggal yang tidak dikomersilkan.
Sukarini juga mencatat beberapa kendala yang dihadapi masyarakat dalam mengurus pajak, seperti tidak mengajukan permohonan pengurangan pajak dan masalah mutasi. Untuk mengatasi kendala ini, Bapenda telah melakukan inovasi dengan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat dan mengembangkan aplikasi e-Palapa (Elektronik Pelayanan Administrasi Pajak) yang memudahkan pendaftaran dan pelaporan pajak secara online.
Dengan langkah-langkah ini, Bapenda berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kewajiban pajak dan mempermudah proses administrasi pajak di Kabupaten Badung.
Sumber asli: https://www.balipost.com/news/2023/10/22/369436/Bapenda-Buka-Stand-di-Pesta...html