Inisiatif Hyperlocal Bawa Pertumbuhan Positif ke UMKM Bali

Wilayah
Bali
Kategori
Nasional
Penulis
Tidak diketahui
Tanggal
2023-07-04
Views
0
Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal yang menggunakan teknologi geo-tagging berhasil meningkatkan jumlah penjual lokal di Bali sebanyak dua kali lipat pada Juni 2023 dibanding periode Januari–Mei 2023. Inisiatif ini bertujuan mendekatkan UMKM dengan pembeli di wilayah sekitarnya tanpa harus berpindah ke kota besar. Salah satu wujud dari Hyperlocal adalah fitur Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yang membantu mempertemukan pembeli dengan produk lokal di halaman kurasi khusus.

Wilayah Badung, Gianyar, Denpasar, dan Tabanan mencatatkan peningkatan penjual dan pembeli tertinggi, sementara Kecamatan Bangli, Marga, Nusa Penida, Tegalallang, dan Tejakula menunjukkan peningkatan transaksi rata-rata sebesar 1,5 kali lipat.

Salah satu pelaku UMKM Bali, Wiko Wikarta, pemilik brand aksesori TuTu & Co., merasakan manfaat dari Tokopedia, terutama dalam meningkatkan brand awareness dan memperluas pasar hingga ke seluruh Indonesia. Ia tetap fokus menjaga kualitas produk dan berharap profesi perajin bisa dipandang sebagai profesi yang menghasilkan dan layak dipilih. Kini, Wiko mempekerjakan tujuh karyawan lokal yang direkrut melalui kepala desa setempat.

Sumber asli: https://www.balipost.com/news/2023/07/04/348767/Inisiatif-Hyperlocal-Bawa-Pertumbuhan-Positif...html

Tags: salah produk bali kec tokopedia