UMKM di Lamongan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Lamongan. Hal ini dapat dibuktikan indeks perekonomian di Lamongan dari -2,43 persen menjadi 5,56 persen.
Jumlah pelaku UMKM di Lamongan saat ini tercatat 7.635 UMKM. Di antaranya mampu melakukan ekspor atau menembus pemasaran hingga kancah internasional. Mulai Jepang, USA, Cina, Australia, India, Malaysia, Korea, United Kingdom, Turkiye, dan Taiwan.
Produk UMKM yang sudah berhasil dipakai pasar Internasional pada tahun lalu meliputi produk pakaian tenun ikat yang mencapai angka penjualan Rp 37 miliiar, konveksi mencapai angka Rp 92 miliar, dan kerajinan mencapai angka Rp 95 juta. Adapun produk dari makanan dan minuman di antaranya ialah Koko Nono, yang memproduksi aneka keripik, Sby Corp, dan Tas by Soe Art.
Sumber asli: https://surabayaonline.co/2023/03/18/kabupaten-lamongan-dukung-penuh-pengembangan-dan-perluasan-pasar-umk/