MahasiswaKKN TematikUniversitas Halu Oleo(UHO)diDesa Tumbudadio, KecamatanTirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melaksanakan pelatihan penggunaan media sosial dalam memasarkan produk aneka olahan kakao di balai desa yang dihadiri masyarakat, camat, dan kepala desa setempat pada Kamis (21/8/2023), lalu.Kegiatan sosialisasi ini melibatkan mahasiswa KKN Tematik UHO kelompok 4, yang beranggotakan Kartika, Sarmila, Yuyun, Tatrianti, dan La uco.Kerupuk yang terbuat dari kulit kakao, teh dari daun kakao, dan bubuk coklat dari biji kakao adalah aneka olahan produk kakao yang merupakan oleh-oleh khas agrowisata kakao ekologis Desa Tumbudadio yang memiliki cita rasa yang nikmat.Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial dalam Memasarkan Aneka Olahan Kakao di Desa Tumbudadio.Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tata cara memasarkan produk berbasis media sosial yang dapat memberikan manfaat produk tersebut dapat dikenal lebih luas, lintas desa, lintas provinsi bahkan lintas negara.Sesuai dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh salah satu mahasiswa KKN Tematik UHO yaitu Sarmila, menyampaikan bahwa ada beberapa manfaat yang didapat ketika menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran untuk memasarkan produk, di antaranya menjangkau lebih banyak calon pembeli bahkan hingga lintas negara, hemat tenaga dan biaya, serta mempermudah komunikasi antara pembeli dan penjual, lalu promosi dapat digunakan dengan lebih fleksibel kapan dan di mana pun.Baca Juga:Sucianti Suaib Saenong Ajak Mahasiswa di Kendari Geluti Dunia Usaha?Ç£Media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan produk tersebut di antaranya yaitu Facebook, TikTok Shop, Lazada, Shopee dan Tokopedia,?Ç¥ jelasnya saat membawa materi.Namun mahasiswa KKN Tematik UHO di Desa Tumbudadio memfokuskan pemasaran produk pada salah satu media sosial yakni Facebook.Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling populer di kalangan masyarakat, sehingga mahasiswa KKN Tematik UHO di Desa Tumbudadio memanfaatkan media ini untuk disosialisasikan kepada masyarakat Tumbudadio mulai dari proses pembuatan akun, hingga pembuatan marketplace yang akan digunakan sebagai media masyarakat dalam memasarkan produknya.Kepala Desa Tumbudadio, Amerudin menyambut baik terkait kegiatan KKN Tematik UHO, dia berharap melalui kegiatan ini masyarakat Tumbudadio bisa dengan mudah memasarkan produk khas agrowisata kakao ekologis dan aneka produk hasil pertanian lainnya.?Ç£Tentunya melalui media sosial ini kami berharap warga dapat terus melakukan pemasaran secara digital untuk meningkatkan branding dan target pasar yang semakin luas,?Ç¥ katanya.Kegiatan ini melibatkan beberapa kelompok masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan, serta mahasiswa yang terdiri dari 20 orang di lima jurusan yang berbeda yakni IlmuTeknologi Pangan,Proteksi Tanaman,Agribisnis Perikanan,Pendidikan Fisika, danPG PAUD
Sumber asli:
https://kendariinfo.com/mahasiswa-kkn-uho-latih-warga-desa-tumbudadio-koltim-pasarkan-produk-kakao-melalui-sosmed/