Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Ary Wijaya Guntur, Rabu (6/9) mengatakan, tidak hanya satu akun sosial media yang digunakan tapi beberapa akun sosial media dengan pengikut ratusan bahkan ribuan.
Ia menegaskan, Bank BPD Bali dalam melakukan pengundian hadiah tidak pernah meminta data pribadi nasabah atau meminta melakukan pendaftaran. ?Ç£Kalau sampai?áada meminta data pribadi nasabah apalagi meminta?ápassword?ápada mobile banking maupun ATM sudah dipastikan hal tersebut penipuan, maka dari itu para nasabah maupun masyarakat?ádihimbau?ásegera menghubungi?ácall center?áBank BPD Bali 1500844 untuk segera mendapatkan informasi layanan yang disediakan oleh Bank BPD Bali,?Ç¥ ujarnya.
Baca juga:
Terlibat Kasus Penipuan dan Pemalsuan, Warga India Diekstradisi
Ary Guntur menambahkan, nasabah diminta selalu waspada terhadap akun-akun palsu yang tidak bertanggung jawab dan modus para penipu tersebut.?áMereka biasanya membuat seolah-olah Bank BPD Bali?ámenggelar?áundian berhadiah?ámelalui?ápendaftaran undian pada?álink?áataupun brosur dengan meminta identitas pribadi milik nasabah?átermasuk meminta?áPIN.
Bahkan?áterdapat pula?ámodus penipuan melalui telepon. ?Ç£Saat ini Bank BPD Bali tidak sedang menggelar undian berhadiah apapun. Pada dasarnya ketika kami melakukan undian berhadiah, dipastikan tidak akan meminta data pribadi para nasabah untuk mendaftar,?ákarena secara?áotomatis para nasabah sudah bisa mengikuti undian berdasarkan saldo mengendap nasabah. Kalau sampai ada yang meminta data pribadi seperti?ápassword,?áusername?ápada?ámobile banking?áatau sampai meminta nasabah untuk melakukan transaksi di ATM?ádihimbau untuk?ásegera?ámemutuskan?ákomunikasi, dan?áselanjutnya dapat menghubungi?ácall center?áBank BPD Bali?áuntuk segera mendapatkan informasi?ávalid?áatau pemblokiran rekening,?Ç¥ tegasnya.
Baca juga:
Budidaya Kerapu Angkat Perekonomian Nelayan di Candikusuma
Selain itu, nasabah diminta menjaga keamanan dan kerahasian data pribadi perbankan, mengabaikan pesan yang mencurigakan dari pihak yang tidak dikenal, tidak mengunduh atau menginstall aplikasi, mengklik tautan?álink?áapapun dari sumber yang tidak dikenal serta tidak sembarangan memberikan data pribadi yang bersifat rahasia.
Bank BPD Bali tidak pernah menghubungi?áuntuk?ámeminta data pribadi seperti PIN ATM,?áuser id,?ápassword?ámaupun kode aktivasi/OTP dan para nasabah diharapkan untuk segera mengganti PIN?á secara berkala agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. ?Ç£Ingat, kode aktivasi/OTP, PIN,?ápassword?ásifatnya sangat rahasia. Bahkan, mereka yang mengatasnamakan Bank BPD Bali sejatinya tidak akan meminta kode OTP,?Ç¥ ujarnya.
Sumber asli: https://www.balipost.com/news/2023/09/07/360622/Namanya-Dicatut,BPD-BaliMinta-Masyarakat...html