Pemkot Palu Launching Aplikasi ?ÇÿSi Pelayan Sultan?ÇÖ

Wilayah
Sulawesi Tengah
Kategori
Kota Palu
Penulis
Redaksi Satusulteng
Tanggal
2023-11-24
Views
0
Palu, SatuSulteng.com – Pemerintah Kota Palu secara resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Layanan Rekomendasi Teknis Persetujuan Bangunan Gedung (SI PELAYAN SULTAN) dan Ruangan Klinik Konsultasi Pelayanan PBG. Launching tersebut ditandai dengan pemotongan pita merah oleh Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE pada Kamis, 23 November 2023, di Kantor Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu.

SI PELAYAN SULTAN merupakan inovasi pelayanan yang digagas oleh Kepala Bidang Pengendalian Ruang, Ahmad Haryadi, S.Sos., M.A.P, untuk mempercepat pelayanan penerbitan rekomendasi teknis persetujuan bangunan gedung (PBG). Aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan pelayanan dan memenuhi tuntutan masyarakat akan proses pelayanan rekomtek yang cepat, transparan, mudah, dan murah.

Inovasi ini didukung oleh Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu, Bapak Arwien Achmad Afries, S.T., M.T. Sebelum adanya aplikasi ini, petugas teknis masih melayani dan menerima berkas persyaratan pemohon dalam bentuk fisik, yang mengharuskan mereka menginput data secara manual ke dalam komputer.

Dengan adanya SI PELAYAN SULTAN, pegawai dan pemohon tidak perlu bertemu secara langsung, karena pemohon dapat mengunggah berkas persyaratan perizinan secara digital. Pegawai hanya perlu memvalidasi dokumen pemohon sesuai ketentuan. Masyarakat juga dapat memantau progres permohonan PBG mereka melalui aplikasi.

Bagi masyarakat yang belum terbiasa dengan proses permohonan online, aplikasi ini menyediakan fasilitas pendampingan di ruangan klinik konsultasi/studio perencanaan. Inovasi ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah mekanisme pengajuan permohonan perizinan.

Aplikasi SI PELAYAN SULTAN juga mengurangi penggunaan kertas, meskipun masih ada penggunaan kertas di kantor dinas. Ke depan, pegawai diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan mekanisme kerja yang ada dalam aplikasi.

Pelayanan rekomendasi teknis PBG yang berbasis digital ini diharapkan dapat memangkas waktu proses pelayanan perizinan dan meningkatkan transparansi pelayanan publik di Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Kalkulator Retribusi untuk memperkirakan besaran retribusi yang akan dibayarkan sesuai spesifikasi bangunan gedung yang dimohonkan. Selain itu, terdapat fitur JAPPRI untuk mengetahui informasi perencanaan dan peruntukan ruang sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Palu.

Dengan adanya aplikasi SI PELAYAN SULTAN, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam rangka tertib administrasi perizinan bangunan di Kota Palu.

Kepala Bidang Ahmad Haryadi menyatakan bahwa inovasi ini akan meningkatkan percepatan proses penerbitan PBG, berdampak pada pencapaian target PAD dari retribusi PBG, dan meningkatkan kualitas pelayanan di Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan.

Manfaat bagi perangkat daerah/instansi adalah kemudahan dalam membantu kebutuhan masyarakat dan pengawasan proses penerbitan PBG. Stakeholder di bidang penyelenggaraan bangunan gedung juga akan mendapatkan kemudahan dalam akses data dan informasi perkembangan proses penerbitan PBG.

Dengan inovasi ini, diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan kemudahan berusaha dan memperkuat iklim investasi, serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pemenuhan standar teknis PBG. Masyarakat dapat mengakses informasi tentang pelayanan persetujuan bangunan gedung dan melakukan pengajuan permohonan berkas PBG dengan cepat dan benar.

Sumber asli: https://www.satusulteng.com/pemkot-palu-launching-aplikasi-si-pelayan-sultan/

Tags: masyarakat pelayanan palu pemohon pbg