Menurut perkiraan dari Insider Intelligence pada bulan Oktober, pengeluaran iklan di X mengalami penurunan sebesar 54,4 persen dari tahun 2022 hingga 2023. Analis Jasmine Enberg memperingatkan bahwa pengunduran diri pengiklan besar dapat memicu eksodus lebih lanjut dari pengiklan lainnya. "Kegagalan untuk bisnis iklan X akan parah. Pengiklan dengan nama besar akan menginspirasi pengiklan lain untuk mengikuti jejaknya," ujarnya.
Enberg juga menambahkan bahwa pengaruh kata-kata Musk dapat menimbulkan bahaya besar bagi masyarakat. Meskipun relevansi budaya platform telah menurun, Musk dan X masih menjadi bagian penting dari percakapan publik.
Para analis memperkirakan bahwa pengguna aktif bulanan X akan turun 4,1 persen menjadi 348,6 juta pada akhir 2024, setelah sebelumnya mencapai 363,7 juta pada tahun 2023 dan 373,6 juta pada tahun 2022.
Sementara itu, Elon Musk berencana untuk memperkuat langganan X dengan menawarkan seperangkat fitur baru, termasuk verifikasi berbayar. Namun, langkah ini belum terbukti cukup efektif untuk menahan pengiklan dalam jangka panjang.
Sumber asli: https://www.suarasurabaya.net/senggang/2023/x-diprediksi-merugi-akibat-ditinggal-sejumlah-pengiklan/